Benjolan di payudara tak selalu pertanda penyakit ganas



Benjolan di payudara tak selalu pertanda penyakit ganas. Pada ibu yang menyusui bayinya, juga kerap muncul benjolan di payudara. Menurut Nur Fadilah, benjolan yang dialami ibu menyusui bersifat lokal, artinya hanya muncul di salah satu bagian payudara. Pada bagian yang lain tidak ditemukan benjolan. Misalnya lokasi benjolan di atas atau bawah payudara saja. Saat diraba, benjolan terasa lunak.

Lain hanya bila benjolan karna sel kanker. Jumlah nya lebih dari satu, lokasinya bisa di dua payudara maupun ketiak. Payudara juga terasa nyeri karenanya, jelas konselor laktasi dari RS Mitra Surabaya itu.

Penyebab Benjolan Payudara

Benjolan muncul karena tekanan ibu jari saat menyusui, atau bisa saja karena posisi bayi yang kurang tepat saat menyusui. Penyebab lain adalah air susu Ibu dalam saluran tersebut tidak segera dikeluarkan.
Pada kelenjar air susu terdapat 15-20 saluran ASI, yang bila tidak dikeluarkan lama kelmaan menjadi gumpalan yang menyumbat saluran ASI.

Dampaknya produksi ASI berkurang, bahkan bila kondisi sudah parah, ASI tidak mau keluar sama sekali, tentu saja ibu merasa panik menghadapi hal tersebut, sebab buah hati menjadi rewel karena sulit menghisap ASI.
Dalam kondisi tersebut Ibu jangan langsung memberi susu formula ke buah hatinya, nanti bayinya malah tidak mau minum ASI lagi.

Solusi Benjolan Payudara

Langkah yang harus dilakukan adalah payudara dikompres sebelum menyusui dengan air hangat dan berikan tekanan lembut dibagian yang menggumpal ke arah putting. Setelah itu mulailah menyusui dengan memberikan pijatan.

Disarankan menyusukan ASI hingga payudara kosong. Saat menyusui sebaiknya Ibu tidak menggunakan bra, biarkan payudara bebas sehingga tangan bayi melekat ke payudara Ibu. Hal tersebut tidak hanya membuat proses menyusui menjadi lancar, tetapi juga meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Kondisi itu menstimulasi otak sehingga membuat produksi ASI bertambah.

jawapos