Penyebab pegal dan linu di tubuh

Penyebab pegal dan linu di tubuhMerasakan tubuh pegal dan linu bisa menimpa pada setiap orang, hal ini biasanya disebabkan karena otot yang kaku atau akibat kerusakan mikroskopis di dalam otot (microscopic tears). Rasa tidak nyaman akibat pegal dan linu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga harus segera dicari penyebabnya. Rasa pegal linu bisa disebabkan oleh masalah ringan / sepele hingga masalah medis tertentu.

Jika rasa pegel dan linu bukan karena kondisi medis maka akan sembuh dalam beberapa hari dengan melakukan cara-cara diantaranya : istirahat yang cukup, mengkonsumsi cairan yang cukup, melakukan pemijatan dan peregangan untuk membuat otot menjadi rileks, dan memperbaiki posisi tubuh yang salah dalam melakukan berbagai aktifitas.

Rasa pegal linu juga disebabkan oleh infeksi dari luar, seperti virus influenza, cacar air atau herpes yang umumnya menyebabkan rasa pegal dan linu sebelum muncul gejala yang lebih spesifik, serta kondisi medis lainnya seperti rheumatoid arthritis atau multiple sclerosis.

SedangkanĀ Penyebab pegal dan linu di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

1. Adanya penumpukan asam laktat di otot

2. Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi

3. Pengobatan tertentu yang bersifat diuretik

4. Kurangnya fleksibilitas tubuh

5. Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh

6. Ada kemungkinan akibat dehidrasi

Jika ternyata rasa pegal dan linu tak kunjung hilang atau sembuh atau bahkan malah sering kambuh, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui apakah ada kondisi medis yang menyertainya sehingga diperlukan perawatan lebih lanjut dan tidak mengganggu aktivitasnya.

Penyebab pegal dan linu di tubuh

Penyebab pegal dan linu di tubuh